Launching Gedung PONED, Simak Berikut Penjelasan Kapus Alak

banner 120x600

Puskesmas Alak, melalui Kepala Puskesmas, dr. Panondang, menyampaikan rasa Terimakasihnya, kepada pihak Pemkot Kupang, melalui Dinkes Kota Kupang, karena telah difasilitasi sehingga bisa mendapatkan gedung PONED, atau Pelayanan Obstetri dan Neonatal Emergency Dasar, di tingkat regional, hal itu disampaikan langsung oleh Kapus Alak, saat ditemui media pada Kamis,15 Juni 2023 di Puskesmas Alak, Kota Kupang.

” Iya tentunya pertama kami sangat berterimakasih kepada pihak Pemkot Kupang dan juga Dinkes Kota Kupang yang telah memfasilitasi kami sehingga kami bisa mendapatkan gedung baru PONED ini, selanjutnya harapan kami pelayanan terhadap masyarakat di wilayah kerja kami ini, khususnya pelayanan kesehatan ibu dan anak bisa berjalan dengan lebih baik lagi, sehingga harapan dari masyarakat selama ini untuk mendapatkan pelayanan kesehatan khususnya fasilitas melahirkan yang nyaman dapat kami penuhi dan dapat terakses dengan mudah di puskesmas kita ini ” ungkap dr. Panondang.

Lebih lanjut orang nomor satu di Puskesmas Alak ini juga menambahkan bahwa, dengan adanya gedung baru PONED yang telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai ini, diharapkan masyarakat juga bisa bekerjasama dengan lintas sektor, baik itu dengan tokoh masyarakat ataupun dengan kelurahan siaga, sehingga ketika ditemukan ada ibu hamil jangan bersalin dirumah, karena resiko kematian ibu dan bayi itu lebih tinggi.

” Jadi kami himbau agar masyarakat juga bekerjasama lintas sektor baik itu dengan tokoh masyarakat maupun dengan pemerintah di kelurahan yang dikenal dengan kelurahan siaga, agar ketika ada ibu hamil jangan melakukan persalinan dirumah, karena itu resikonya sangat berbahaya baik bagi si ibu maupun bayinya, karena itu ketika mulai diketahui hamil, ibu harus secara rutin memeriksakan kondisi kehamilannya agar dapat dipantau terus perkembangannya sampai masa akan melahirkan dan segera melahirkan di fasilitas kesehatan, ini penting untuk menyelamatkan ibu dan bayinya, sehingga angka kematian ibu dan anak bisa ditekan bahkan dihindari ” tegas Kapus Alak.

Saat disinggung soal kesiapan SDM dalam memberikan layanan kesehatan, dengan adanya fasilitas dan gedung baru PONED ini, Kapus Alak menjawab bahwa pihaknya atau para nakes di Puskesmas Alak telah dibekali dengan pelatihan-pelatihan Poned dan juga dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai.

” Jadi kalau untuk SDM kami disini sudah dibekali dengan pelatihan-pelatihan Poned, lalu Kami juga dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai, baik itu obat-obatan juga dengan sarana rujukan, jadi itu kita sudah bisa memberikan layanan obstetri, neonatal dan emergency dasar, jadi selama masih bisa kami tangani maka akan kami tangani, namun bila terjadi komplikasi, maka diperlakukan tindakan lebih lanjut ya akan kami rujuk ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut yaitu rumah sakit baik itu RSU. WZ. Yohanes atau RSUD. SK. Lerik ” tambahnya.

Masih menurut Kepala Puskesmas Alak, bahwa pihaknya tidak membatasi siapapun yang datang dan membutuhkan pelayanan, pasti akan dilayani jadi masyarakat dari mana saja bisa datang ke Puskesmas Alak, baik dari Kota ataupun Kabupaten Kupang, sedangkan kalau untuk wilayah kerja Puskesmas Alak sendiri meliputi 6 kelurahan yaitu, Kelurahan NBD, Kelurahan NBS, Kelurahan Nunhila, Kelurahan Penkase, Kelurahan Alak dan Kelurahan Namosain.

” Dengan dioperasikannya gedung PONED ini, segala bentuk keluhan masyarakat terkait pelayanan kesehatan khususnya terkait masalah kehamilan dapat ditangani, maka kami berharap akan dapat menurunkan AKI atau angka kematian ibu saat melahirkan ” pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *