Babinsa Kodim Bangli Kawal Jalanya Prosesi Upacara Ngaben Agar Berjalan Aman dan Lancar

banner 120x600

 

Berbagai upacara yang dilakukan umat Hindu di Bali salah satu diantaranya adalah Upacara Ngaben (Pitra Nyadnya) yang menandakan wujud bhakti umat Hindu kepada seseorang yang telah meninggal dunia dan sebagai penghormatan terakhir dilaksanakan dengan Upacara Ngaben (Pitra Nyadnya).

Untuk melancarkan jalanya prosesi upacara Ngaben, Alm. Dewa Ayu Oka Mangku Badung (Debiang Mangku Badung) yang meninggal karena sakit/usia tua, di Puri Kawan Dadia Puri Bunutin, Desa Bunutin, Kec/Kab. Bangli. Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 01/Bangli Kodim 1626/Bangli Peltu I Ketut Udayana bersama pecalang melakukan pemantauan dan pengamanan Upacara Ngaben agar dapat berjalan aman dan nyaman kemarin. Senin (29/5/23).

Selain melakukan pemantauan dan pengamanan Babinsa bersinergi dan berkalaborasi dengan pecalang desa adat dadia puri dan juga ikut membantu pengaturan arus lalu lintas bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang beraktifitas dan  mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan kemacetan arus lalulintas agar upacara berjalan lancar.

Sementara itu, Dandim 1626/Bangli Letkol Arh Sutrisno S,Sos, menyampaikan bahwa kekompakan serta kesolidan jajaran Babinsanya bersama semua elemen di wilayah tentunya akan semakin memberikan keamanan serta kenyamanan masyarakat dalam menggelar berbagai kegiatan di wilayah Binaannya mereka.
“Situasi dan kondisi ini pastinya akan berdampak positif, dimana sinergitas semua elemen akan bermuara pada terciptanya wilayah yang aman, tertib dan kondusif, “jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, pemantauan dan pengamanan ini merupakan tanggung jawab petugas keamanan dalam hal ini Babinsa untuk mengecek langsung pelaksanaan ngaben agar dapat berjalan kondusif.”Pungkas Dandim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *