Promosikan Produk Unggulan, Puluhan UMKM Jembrana Meriahkan Pasar Rakyat PKK 2023

Keterangan Foto ; Promosikan Produk Unggulan, Puluhan UMKM Jembrana Meriahkan Pasar Rakyat PKK 2023
banner 120x600

Puluhan UMK / IKM menyajikan berbagai suguhan seperti hasil olahan pertanian, kuliner, dan hasil produksi mengikuti pasar rakyat di Jembrana. Ajang mempromosikan produk unggulan ini kembali digelar
Tim Penggerak PKK Provinsi Bali berkolaborasi dengan TP PKK Kabupaten/Kota se-Bali bertempat di Wantilan Pura Jagatnatha, Jumat (26/5).

Pasar rakyat tahun ini sendiri mengusung tema Berbelanja dan Berbagi, diikuti 55 UMKM unggulan Jembrana.

Hadir secara langsung dalam pasar murah tersebut, Ketua PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster, Sekda Jembrana I Made Budiasa, Ketua TP. PKK Kabupaten Jembrana Ny. Candrawarti Tamba, Ketua TP. PKK Kabupaten/Kota Se-Bali, Kepala OPD terkait di lingkup Pemerintah Kabupaten Jembrana serta Para Ketua Organisasi Wanita se-Kabupaten Jembrana.

Ketua TP PKK Jembrana, Ny. Candrawati Tamba menyampaikan pelaksanaan pasar rakyat PKK tahun 2023 ini menjadi yang ke-2 kalinya setelah sebelumnya terlaksana di tahun 2022. Menurutnya, konsep pasar rakyat PKK bukan hanya sekedar berbelanja saja, namun lebih kepada aksi sosial, yakni wujud kepedulian terhadap sesama sekaligus membangkitkan perekonomian IKM/UMKM di Jembrana.

“Meskipun hal yang sederhana, namun memberikan dampak yang luar biasa. Kita membeli, kemudian kita membagikan kepada mereka (warga kurang mampu) sehingga betul-betul kebermanfaatannya sangat dirasakan. Tentu kembali lagi, Saya sangat mengapresiasi konsep pasar rakyat PKK yang dicetuskan oleh Bunda Putri Koster ini,” ucapnya.

Lebih lanjut, Candrawati Tamba menuturkan dalam kegiatan Pasar Rakyat ini diikuti oleh 55 UMKM/IKM unggulan Jembrana yang terdiri dari pengerajin 27 orang, KWT 16 orang, serta kuliner 12 orang.

“Seperti yang kita tahu, Pasar Rakyat ini menyediakan fasilitas tempat bagi pelaku UKM untuk membuka lapak mereka di sini. Tentu hal ini merupakan hal positif, dimana para pelaku usaha bisa sekaligus mempromosikan produk unggulan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Prov. Bali, Ny. Putri Suastini Koster mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat sinergi dan bergotong royong dalam melaksanakan berbagai program yang manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Sinergi itu antara lain diaktualisasikan dalam kegiatan pasar rakyat yang dilaksanakan secara bergilir di Kabupaten/Kota, dan kali ini di lakukan di bumi mekepung, Kabupaten Jembrana,” jelasnya.

Melalui momentum yang baik ini, kata Bunda Putri sapaannya, juga sebagai ajang silaturahmi bersama jajaran TP PKK Kabupaten/Kota se-Bali. Biasanya TP PKK berkumpul saat ada acara-acara resmi saja seperti HKG (Hari Kesatuan Gerak) PKK.

“Nah sekarang, dalam kegiatan pasar rakyat PKK ini sebagai wadah saling bertukar pikiran terkait informasi dan program antar TP PKK. Selain itu, dapat mengetahui potensi berupa hasil-hasil kerajinan UMKM/IKM, kuliner dan olahan pertanian diwilayah tempat pelaksanaan pasar raykat,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, TP PKK Provinsi Bali serta Kabupaten/Kota membagi 300 tas kepada 100 orang penerima, yang masing-masing penerima mendapatkan 3 tas dari TP PKK Provinsi Bali, TP PKK Kabupaten/Kota dan PAKIS Provinsi Bali berisi kebutuhan pokok, hasil pertanian serta olahan makanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *