Fragmentari Pura Encak Jembrana Meriahkan Pembukaan Pesta Kesenian Bali XLV

Keterangan Foto : Fragmentari Pura Encak Jembrana meriahkan pembukaan Pesta Kesenian Bali XLV
banner 120x600

Kabupaten Jembrana hadir dengan Peed Aya (Pawai) Pura encak, tampil memukau memeriahkan pembukaan PKB ke XLV di depan monumen perjuangan rakyat Bali Bajra Sandi Denpasar, Minggu (18/6).

Pawai ini disaksikan langsung oleh Presiden kelima RI Megawati Soekarno Putri, didampingi Gubernur Bali I Wayan Koster serta turut hadir Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi istri Ny Candrawati Tamba.

Turut hadir menyaksikan pawai, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Dr. Ir. H. Mochamad Basuki Hadimoeljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Persembahan seni pertunjukan Pura encak adalah seni yang dipersembahkan sebagai tarian perjalanan Dang Hyang Nirartha dalam menyebarkan ajaran agama serta tatanan kehidupan. Fragmentari ini garapan dari Sanggar Sana Sini Jembrana.

Diiringi oleh gamelan Jegog yang merupakan ciri khas Kabupaten Jembrana dikolaborasikan dengan beberapa instrumen seperti, Kendang, Djimbe, Reong saih 7, Tawa-tawa, dan Kecek.

Fragmentari ini dibawakan secara apik oleh 72 orang seniman Jembrana tentunya memukau para tamu undangan serta masyarakat Bali yang turut hadir menyaksikan pembukaan PKB ke-45.

Pesta Kesenian Bali (PKB) digelar secara terbuka. Acara pawai menandai pembukaan PKB yang akan digelar terbuka selama sebulan penuh (18 Juni-16 Juli 2023). Tema yang diusung pada PKB 2023 ini adalah “Segara Kerthi Prabhanneka Sandhi” yang memiliki arti Samudra Cipta Peradaban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *