4 Tahun Yayasan Seni Jegog Jembrana, Komitmen Lestarikan Jegog Jembrana

Keterangan Foto : 4 Tahun Yayasan Seni Jegog Jembrana, Komitmen Lestarikan Jegog Jembrana
banner 120x600

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Yayasan Seni Jegog Kabupaten Jembrana ke-4 tahun menampilkan sebanyak empat (4) kesenian jegog mebarung, kegiatan tersebut dipusatkan di Halaman Sekretariat Yayasan Seni Jegog dan Seni Joged Bungbung Kabupaten Jembrana, pada Kamis (25/5).

Perayaan (HUT) Yayasan Seni Jegog Kabupaten Jembrana ke-4 dihadiri langsung Wakil Bupati Jembrana IGN Patriana Krisna ditandai dengan pemotongan tumpeng serta penyerahan piagam penghargaan secara simbolis kepada 18 anggota yayasan sekaa Jegog.

Dalam kesempatannya, Wabup Ipat mengucapkan selamat kepada yayasan seni Jegog Jembrana atas ulang tahun yang ke-4 tahun.

“Semoga Jegog Jembrana semakin eksis dan berkembang kedepannya,” ungkap Ipat.

Lebih lanjut, ia merasa bahagia melihat antusias seniman Jegog di Jembrana yang menjaga tradisi seni khas kabupaten Jembrana.

Pihaknya berharap kegiatan seperti ini dapat mewujudkan rasa harmonis antar seniman dan dapat memupuk silaturahmi untuk maju bersama.

“Kegiatan seni seperti ini merupakan wujud nyata peran serta masyarakat khususnya para seniman dalam membangun jati diri sebagai sumber daya manusia yang unggul pada bidangnya khususnya seni jegog,” ujarnya.

Dilain sisi, I Ketut Suarda selaku Ketua Yayasan Seni Jegog Jembrana menerangkan jumlah anggota yayasan saat ini sebanyak 90 sekaa yang tersebar di empat kecamatan di kabupaten Jembrana.

“Saat ini ada 90 skaa yang tersebar dengan basic instruman gamelan jegog gede dan gamelan jegog tingklik yang berjumblah genap yaitu 14 instrument dan berjumblah 9 atau biasa disebut tingklik sie,” ucapnya.

Ketut Suarda mengucapkan terimakasih banyak kepada pemerintah Kabupaten Jembrana dan masyarakat yang turut mengambil bagian dalam upaya pelestarian seni khas kabupaten Jembrana.

“Yayasan Seni Jegog Jembrana selalu diberikan kesempatan untuk mengikuti acara bergengsi di Bali yaitu PKB dimana yayasan kita sudah dua kali diberikan kesempatan untuk menunjukan dengan bangganya kesenian khas kita didepan panggung besar PKB,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *