Tujuan Warga dan Babinsa Paguyangan Bangun Pos Kamling

banner 120x600

Warga Dusun Bantarmangu RT. 01 dan RT. 02 RW. 05, Desa Paguyangan, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, bergotong royong membangun pos kamling dengan menggunakan swadaya warga.

Dikemukakan Danramil 11 Paguyangan Kodim 0713 Brebes Kapten Armed Budi Utomo melalui Babinsa setempat Serda Suparno, bahwa tujuan dibangunnya pos ronda itu guna membatasi ruang gerak pelaku kejahatan atau menekan potensi kriminalitas khususnya di wilayah Dusun Bantarmangu yang mayoritas warga laki-lakinya merantau ke kota.

Bangunan tersebut akan dibangun semi permanen dengan ukuran 2×3 meter, di lahan milik warga setempat. Untuk dinding dan lantai bangunan menggunakan kayu, sedangkan rangka atap menggunakan baja ringan.

“Selaku babinsa setempat, saya mendorong warga untuk kembali menghidupkan pos kamling di Dusun Bantarmangu yang relatif pelosok, jalanan cukup sepi, dan sebelumnya terjadi aksi pencurian ternak maupun barang-barang perkakas rumah tangga,” ujarnya, Sabtu (3/6/2023).

Lanjut Suparno, dengan adanya pengamanan swakarsa itu nantinya juga diharapkan silaturahmi warga juga akan lebih kental, kemudian menghidupkan kembali kesadaran dan kepedulian warga akan lingkungan, mempermudah berbagi/penyampaian informasi, sebagai alarm dini terhadap bencana alam dan kebakaran, serta dapat menambah kas dusun melalui penarikan jimpitan.

Walaupun nominal jimpitan biasanya hanya seribu rupiah per KK/hari, namun dalam satu bulan jika dikumpulkan hasilnya cukup banyak sebagai tambahan kas dusun untuk dana sosial atau pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum lainnya secara swadaya.

“Dengan adanya pos kamling juga akan menghidupkan gotong-royong warga dan juga menghidupkan suasana malam dusun. Dengan kumpul-kumpul sambil menjaga keamanan lingkungan maka potensi gesekan sosial antar warga juga akan menjadi kecil,” sambungnya.

Terpisah disampaikan Kades Paguyangan, Faqih Maulana SH, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi inisiasi dari babinsa dan warga yang sedang mendirikan pos kamling di Dusun Bantarmangu.

Menurutnya, poskamling di Bantarmangu akan dijadikan pilot buh projek bagi dusun-dusun lainnya di Desa Paguyangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *