Terbaru Hasil Survei Pilpres 2024, Elektabilitas Posisi Ganjar Bikin Kaget, Anies Bikin Syok, Erick Thohir Lebih Mengangetkan

banner 120x600

Survei pilpres 2024 makin memanas.

Berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia ( LSI), elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tertinggi dengan peroleh hasil 36,3 persen.

Disusul Anies Baswedan sebesar 24,2 persen. dan Prabowo Subianto sebesar 23,2 persen.

“Ganjar tertinggi sementara Prabowo-Anies pada Januari 2023 saling kerjar atau kompetitif,” ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam rilis daring, Minggu, 22 Januari 2023.

Dari hasil survei, menurut Djayadi Ganjar Pranowo masih menonjol ketimbang pesaingnya dilihat dari preferensi publik terhadap calon presiden Pilpres 2024.

“Pesaing terkuat adalah Anies Baswedan dan Prabowo Subianto dengan jarak paling tidak sekitar 10 persen,” tutur dia.

Djayadi menuturkan, basis dukungan terhadap Ganjar Pranowo serupa polanya dengan basis PDIP.

“Sangat kuat didorong oleh basis pemilih Joko Widodo pada Pilpres 2019 yang lalu, dan kelompok yang semakin puas atas kinerjanya sebagai Presiden,” kata dia.

Dengan demikian, ia menilai, pengaruh Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan signifikan terhadap basis dukungan PDIP dan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

“Jika kredibilitas terhadap Presiden Joko Widodo tetap terjaga maka ke depan dukungan terhadap PDIP, dan sekaligus Ganjar Pranowo, juga kemungkinan besar akan semakin kuat,” tutur dia.

Sementara itu, sosok Erick Thohir memperoleh 1,6 persen.

Ini jauh dari elektabilitas Ganjar Pranowo di posisi pertama di angka 29,2 persen, dilanjutkan dengan Prabowo Subianto di 19,4 persen, dan posisi ketiga Anies Baswedan dengan 16,5 persen sebagai capers Pemilu 2024.

Lalu elektabilitas Erick Thohir Capres 2024 pun hanya mencapai 1,6 persen, di bawah Ridwan Kamil (8,7 persen), Sandiaga Salahuddin Uno (3,4 persen), dan Agus Harmurti Yudhoyono (1,9 persen).

Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *