Sukseskan Program KB, Babinsa Koramil 04/Kintamani Ajak Akseptor Ke Puskesmas

banner 120x600

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1626-04/Kintamani Serka wayan Asli Bersama Sertu wayan budiarta dan Sertu Nengah Koding, turut melaksanakan pendampingan kegiatan Pelayanan Keluarga Berencana (KB) Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) diwilayah Kecamatan Kintamani, kabupaten Bangli.Kegiatan berlangsung di Puskesmas Kintamani IV, Kamis (09/03).

Serka Wayan Asli, menyampaikan bahwa pendampingan dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam mensukseskan program Keluarga Berencana (KB). Yang merujuk dari kerjasama antara TNI AD dan BKKBN, bahwa TNI memiliki kewajiban turut membantu dalam hal membatasi laju pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi.

Setelah melaksanakan pendaftaran peserta KB – Kes masuk keruangan PUskesmas untuk melakukan skrining sebelum dipasangkan alat kontrasepsi KB, pada kegiatan kali ini alat kontrasepsi KB yang dipakai adalah jenis Implan,lud dan Kondom, setelah pemasangan peserta dibolehkan pulang dan jika ada keluhan segera dikonsultasikan kepada tenaga kesehatan.

Di samping tugas pokok yang rutin dilaksanakan, Serka Wayan Asli selaku aparat teritorial harus berperan aktif menjadi motivator mengajak warga di wilayah binaan untuk mengikuti program KB Kesehatan. Sehingga harapan pemerintah untuk mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera dapat terus ditingkatkan.

Di tempat terpisah Danramil 1626-04/Kintamani Kapten Inf. I Made Yudha Kencana atas seijin Dandim 1626/Bangli Letkol Arh Sutrisno, S.Sos menyampaikan, “Babinsa diharapkan selain melaksanakan tugas pokok sehari-hari, juga selalu bersinergi dengan aparat terkait dalam mendukung Program KB Kesehatan di wilayah binaan,” ujar Danramil.

“Kegiatan KB kesehatan dapat meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak dengan mengendalikan kelahiran dan menjamin terkendalinya penduduk. Membentuk keluarga kecil sejahtera, sesuai dengan kondisi ekonomis sebuah keluarga. Sehingga dapat terwujud masyarakat yang sehat dan sejahtera,” pungkasnya.

Penulis: RinunEditor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *