Sinergi Dengan PCNU Jembrana, Komitmen Wujudkan Jembrana Kedas

banner 120x600

Komitmen pemerintah kabupaten Jembrana dalam mewujudkan Jembrana KEDAS (Keren Tidak Ada Sampah) mendapat dukungan penuh dari PCNU (Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama) Jembrana. Dukungan tersebut diwujudkan dalam Deklarasi serta penandatanganan komitmen Jembrana Kedas, Selasa (21/2) di Hotel Jimbarwana.

Deklarasi dipimpin Bupati Jembrana I Nengah Tamba yang diikuti Ketua PCNU Jembrana H. Arsyad beserta seluruh pengurus ranting NU di Jembrana.

Bupati Tamba pada kesempatan itu merasa bangga sekaligus mengapresiasi atas komitmen yang ditunjukkan PCNU kabupaten Jembrana. Dalam 1 abad NU melakukan langkah positif untuk mewujudkan Jembrana bebas dari sampah.

“Dengan adanya deklarasi ini, semoga tidak sampai hanya sebatas diskusi tapi langsung bisa dieksekusi dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari,”ujarnya.

Pihaknya memaparkan jumlah timbulan sampah yang dihasilkan di Kabupaten Jembrana tahun 2022 diperkirakan 162 ton/hari, dimana sampah yang dikelola di Tempat Pengolahan Akhir (TPA/TPST) sebesar 60 ton/hari (3709) dan sampah tidak terkelola sebesar 102 ton/hari.

“Untuk meminimalisir sampah ke TPA, diperlukan pengelolaan sampah yang dimulai dan dilakukan oleh seluruh pihak terutama dari pihak penghasil sampah seperti di rumah tangga, hotel, sekolah, perkantoran, industri dan tempat umum lainnya,”paparnya.

Untuk mendukung kebijakan ini, Bupati asal desa Kaliakah ini menyebut diperlukan sinergitas dari berbagai pihak termasuk PCNU untuk bersama-sama dalam menangani sampah.

“Saya harap Nahdlatul Ulama (NU) dapat berperan lebih dalam meningkatkan serta memperkuat pengelolaan sampah terutama pemilahan di sumber. Semoga apa yang dilakukan PCNU Jembrana ini bisa diikuti pihak – pihak lainnya sehingga menciptakan kabupaten Jembrana yang bersih dan indah,”imbuhnya.

Sementara Ketua PCNU Jembrana Hj Arsyad menyampaikan deklarasi Jembrana Kedas tersebut merupakan bentuk sinergitas NU dengan pemerintah kabupaten Jembrana untuk bersama – sama menciptakan Jembrana yang Kedas.

“Apa yang menjadi komitmen kita hari ini semoga akan berdampak positif terhadap apa yang menjadi program pemkab Jembrana dalam pengelolaan sampah. Karena sampah dan kebersihan menjadi tanggungjawab kita bersama. Karena kebersihan sebagian dari iman,”tandasnya.

Penulis: YogiEditor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *