Persiapkan Generasi Siap Kerja, SMKN 1 Keruak Gelar Uji Kompetensi Keahlian

banner 120x600

Guna mempersiapkan generasi terampil dan siap kerja SMKN 1 Keruak menggelar Uji Kompetensi Keahlian (UKK) yang dimulai dari 16-18 Maret 2023. Di SMKN 1 Keruak sejauh ini memiliki 6 kompetensi keahlian antara lain: Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) berjumlah 29 siswa, Nautika Kapal Niaga (NKN) berjumlah 21 siswa, Agribisnis Perikanana air Tawar (APAT) berjumlah 16 siswa, Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPi) berjumlah 15 siswa, Multi Media (MM) berjumlah 27 siswa dan Wisata Bahari dan Ekowisata (WBE ) dengan jumlah 23 orang siswa.

Hal itu disampaikan Kepala SMKN 1 Keruak Ir.Mahmuza, (16/3/2023).

Menurut Ir.Mahmuza, materi UKK yang diberikan kepada peserta didik kelas XII adalah materi yang sesuai dengan kompetensi masing-masing. Setiap kompetensi menyiapkan UKK yang relevan sebagai ujian untuk peserta didik dalam membuktikan penguasaan dan pemahaman peserta didik akan materi yang telah diterima selama ini SMKN 1 Keruak.

Output yang diharapkan dari kegiatan UKK tersebut, setelah para peserta didik menjadi alumni diharapkan mereka bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

“Alhamdulillah untuk Uji Kompetensi Keahlian pertama semua siswa hadir tanpa halangan,” ucapnya penuh syukur.

Berbeda dari tahun sebelumnya, meskipun tidak dilaksanakan serentak tapi disesuaikan dengan kesiapan penguji Eksternal yang ada. Tahap pertama pada hari Kamis 16 maret 2023 ada tiga kompetensi Keahlian yang melaksanakan UKK antara lain: KK NKPI, APAT dan WBE. Sedangkan untuk sisanya NKN, APHPi dan MM dilaksanakan tanggal 20-21 Maret 2023.

Untuk Kompetensi Keahlian NKPI dengan Penguji Eksternal Syaiful Bachri STr.Pi dari instansi Dinas Perikanan Provinsi NTB didampingi oleh Hendra Trisandi , S.Pi Guru SMKN 1 Keruak Sebagai Penguji Internal dan Guru Produktif lainnya.

Adapun materi ujian yang diberikan adalah paket 2 (P2) yaitu Perakitan, Pengoperasian dan Pemeliharaan alat tangkap Purse seine. Ujiannya meliputi: Menjangka Peta untuk perencanaan Pelayaran, perakitan alat tangkap dan mengoperasian Navigasi berupa GPS dan Fish pender.

Kompetensi Keahlian APAT, dengan pengambilan materi soal UKK Pakei 1 ( P1), yakni Pengembangbiakan Komoditas Ikan Air Tawar. Dengan Penguji Eksternal adalah Drs.Sabara Putra,S.Pi.Msi. dari instansi Balai Benih Ikan (BBI Kumbung) dengan Penguji internal adalah Hamdi,S.Pi dibantu Ir. Murti Negari sebagai Guru Produktif dan Kaprogli APAT. Ujiannya meliputi pemilihan bibit siap gonat, penyuntikan, pemijahan sampai pendederan.

Dalam giat tersebut, peserta didik diharapkan bisa memahami tentang pemijahan. Maka dari itu siswa dihimbau untuk bermalam di Lokasi Ujian.

Sedangkan, Kompetensi Keahlian WBE dengan materi soal Paket 4 (P4) yaitu Kepemanduan Wisata Selam dengan Penguji Eksternal Yuda Hartani dan Muhammad Badawi dari DU/DI CV.Kayangan Daiving School, dengan penguji Internal ibu Zaitun, M.MPar dan ibu Isabella Meyvi Saputri.,S.Pi. Giat ini peserta didik diharapkan bisa menguasai praktek guaide, penggunaan peralatan selam dan melakukan penyelaman di laut dengan peralatan lengkap.

Lanjut Mahmuza, untuk Kompetensi Keahlian NKN, penguji materi dengan soal paket 4 (P4) yakni dengan merencanakan Pelayaran dari Surabaya hingga Banjarmasin. Dengan penguji internal Ruzil Yusvi Afandi, S.Tr.Pi dan Penguji Eksternal Capt. Febrian Primananda. M.Mar. Ujian ini akan digelar selama dua hari dengan melakukan ujian simulasi pemantapan terlebih dahulu.

Berbeda dengan kompetensi Keahlian APHPi soal yang diujikan adalah soal paket 1 (P1) yakni dengan disevikasi Produk Hasil Perikanan berbasis Surami dengan penguji Eksternalnya Ibu Ida Hamzah dari UD, Versace Pringgabaya dan Yuliana ,S.Pi kaprogli APHPI sebagai penguji internalnya. Dengan fokus kegiatan persiapan Surami dan Pembuatan Bakso ikan.

Sementara, kompetensi keahlian terakhir adalah MM, dengan paket materi soal 1 (P1) dengan materi Desains Grafis Percetakan dengan penguji eksternal, Muhamad Adrian Juniarta, M.Eng dari PT. Mandalika Digital Teknologi. Dengan fokus pada kegiatan desain, pengeditan video/gambar dan percetakan.

Pada kesempatan itu, Ir. Mahmuza tidak hentinya memberikan motivasi kepada seluruh peserta didik untuk selalu percaya diri atas kemampuan yang dimiliki oleh semua siswa dari 6 kompetensi yang mereka tekuni selama 2 tahun 8 bulan untuk menguasai kompetensi mereka masing masing.

Ia pun berharap, seluruh siswa SMKN 1 Keruak akan sukses dengan predikat kompeten dan profesional di semua bidang masing masing.

“Terakhir kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi tiada terkira pada Kadis Dikbud Provinsi NTB bersama Kabid SMK yang terus memotivasi peserta didik SMK,” Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *