FORSSI Lotim Terbentuk, Insan Radio Tak Mau Tergerus Oleh Zaman

banner 120x600

Foto: Para Punggawa FORSSI Lotim

Ditengah menjamurnya era digital di zaman modern saat ini. Keberadaan Radio Siaran Swasta di Indonesia. Khususnya di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) Nusa Tenggara Barat (NTB) masih eksis ditengah era teknologi informasi yang makin canggih ini.

Banyak orang yang memperkirakan Radio siaran swasta akan tergeser oleh Handphone (HP) atau Android, karena orang sangat mudah untuk mendengarkan atau mengakses lagu dan informasi melalui YouTube dan fitur lainnya.

Anggapan terbantahkan oleh fakta di lapangan, dari pengamatan insan Radio Lombok Timur sangat banyak masyarakat yang masih suka mendengarkan Radio.

“Ada yang mengatakan Radio akan tergeser oleh Handphone ditengah era teknologi informasi modern. Tapi faktanya, ketika kami membuka acara live telepon misalnya, itu acaranya baru dibuka yang nelpon sangat banyak bahkan terjadi antrian penelpon,”ungkap Didik Hudrianto dari Radio Kancanta 100.3 FM.

Berangkat dari penomena itu, sambungnya, insan Radio Lombok Timur menggagas satu forum Radio yang bernama Forum Radio Siaran Swasta Indonesia (FORSSI) Lombok Timur yang beranggotakan Radio Hamzanwadi (RHN 107 FM), Radio Dewi Anjani (RDA 105,4 FM) Radio Kancanta 100,3 FM, Radio Sukses 91.2 FM dan Radio Selong Citra Broadcast Syistem (SCBS). Rapat pembentukan FORSSI Lotim tersebut digelar di Studio RHN, Minggu (19/03/2023).

Sementara itu, Ketua FORSSI Lotim terpilih, Makbul dalam ulasannya menyampaikan, tujuan terbentuknya Forum para insan radio tersebut adalah untuk memberikan hiburan dan informasi yang positif bagi masyarakat terutama dalam upaya untuk membangun daerah baik tentang informasi pembangunan di Lombok Timur maupun di NTB secara keseluruhan.

Menurut Makbul, FORSSI Lotim, memberikan ruang kepada Pemerintah Daerah setempat ataupun Pemprov NTB untuk mensosialisasikan program programnya melalui FORSSI.

“Dengan wadah FORSSI ini, Kami mengajak Pemda Lotim dan Pemprov NTB untuk ikut andil dengan ikut bersosialisasi atau dialog Interaktif melalui radio jaringan ini,” harap Bang Makbul panggilan akrab di udara.

Ia pun optimis, banyak keuntungan yang didapatkan para pihak yang ingin bekerjasama dengan FORSSI yang juga telah tersambung dengan semua jaringan media sosial (medsos) seperti live acara dialog interaktif melalui Podcas, YouTube, Instagram dan Twitter dan jaringan medsos lainnya.

Saat ini lanjut Makbul, ada ratusan ribu masyarakat Lombok Timur yang masih aktif mendengar Radio. Sehingga, ia berkeyakinan apapub program Para pemangku kebijakan yang disosialisasikan lewat radio jaringan FORSSI Lotim ini pasti akan sampai dan didengar okeh ratusan ribu masyarakat pengguna radio.

Selain sebagai sumber informasi, terlebih lagi memasuki bulan suci Ramadhan 1444 H. Anggota FORSSI diharapkan bisa memberikan informasi waktu yang akurat kepada masyarakat. Terutama waktu berbuka puasa dan waktu imsak agar masyarakat tidak hanya mengacu pada suara peringatan atau azan di Mesjid Mesjid.

Susunan Penguus FORSSI Lotim Bakti 2023-2028, Ketua Makbul, Sekretaris Didik Hudrianto, Bendahara Lalu Darwil dengan anggota H.Sabir, Bang Emon dan 18 orang penyiar Radio jaringan di wilayah Lombok Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *