Babinsa Ngayah Pembuatan Sarana Upacara Bersama Warga Binaan

banner 120x600

Menjelang pelaksanaan Upacara Pujawali dan Melaspas Pelawatan Ida Bhatara Puseh Pustaka yang akan dilaksanakan tanggal 1 Juni 2023 mendatang, Anggota Koramil 01/Bangli Kodim 1626/Bangli Peltu I Ketut Udayana melaksanakan kegiatan gotong royong atau ngayah dalam pembuatan sarana upacara pujawali di Pura Puseh Pustaka, Br. Dukuh, Desa Bunutin, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Rabu (24/5/23).

Dimana Kegiatan ini diselenggarakan oleh Banjar Adat Dukuh Perayu, Desa Bunutin. Titik berat gotong royong yaitu pembuatan sarana upacara melaspas seperti membuat kelabang dan lain lain.

Di sela-sela kegiatan, Peltu I Ketut Udayana mengatakan kami anggota Koramil 01/Bangli bersama Bhabinkamtibmas membantu warga dalam mempersiapkan sarana prasarana yang akan digunakan dan merupakan salah satu upaya untuk terus menjalin kebersamaan dan kerjasama dengan warga yang ada di wilayah binaan guna untuk meringankan beban warganya.
“Hal ini sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kami sebagai Babinsa untuk membantu meringankan beban masyarakat. Oleh karenanya, kami dituntut sigap dan tanggap atas segala kesulitan yang dihadapi warga, sehingga dapat terwujud kekompakkan, keharmonisan dan kemanunggalan TNI-Rakyat,” pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 1626/Bangli Letkol Arh Sutrisno, S.Sos mengatakan dalam mempersiapkan giat keagamaan dapat bermanfaat untuk menjalin kebersamaan dan mempererat tali silturahmi antara TNI, Polri dan masyarakat yang terlibat dalam suatu aktivitas tertentu secara bersama-sama, maka kegiatan seperti ini perlu di pertahankan dan di hidupkan kembali,” ucap Dandim 1626/Bangli.

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk memupuk jiwa kebersamaan yang telah terjalin agar semakin erat, khususnya antara TNI dan masyarakat, namun budaya ini tidak boleh hilang dan harus terus kita lestarikan,” tegas Dandim.

Sementara itu, Kelian Pura Puseh Pustaka, I Nyoman Budiana sekaligus sebagai Panitia menyampaikan ucapan terima kasih kepada aparqt kewilayahan atas partisipasi dalam membantu pembuatan sarana prasarana upacara pujawali yang dilaksanakan.
“Kami memberikan apresiasi karena Babinsa selalu hadir dalam kegiatan upacara keagamaan yang ada di Banjar Adat Dukuh,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *