Apresiasi Sentra Tenun Jembrana, Ungkap Presiden Jokowi Sebagai Wujud Perhatian Pemerintah Daerah Bagi Pengembangan UMKM

banner 120x600

Usai melaksanakan kunjungan ke Pasar Melaya kabupaten Jembrana, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan untuk mengunjungi Sentra Tenun Jembrana yang merupakan sentra kerajinan dan pusat oleh-oleh di kabupaten Jembrana, Kamis (2/2).

Tiba sekitar pukul 18.20 WITA, Presiden Jokowi disambut hangat oleh ribuan masyarakat yang hadir untuk melihat kedatangannya, Presiden Jokowi turun dari mobil langsung menyapa seluruh masyarakat Jembrana serta beberapa masyarakat yang beruntung dapat berfoto langsung dengan Jokowi.

Di Sentra Tenun, Presiden Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Kabinet Indonesia Pramono Anung Wibowo,

 Basuki Hadimoeljono,Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono, disambut kembali oleh Bupati Jembrana, I Nengah Tamba dan Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna dengan pemakaian destar dan pengalungan kain songket khas Jembrana.

Tampak hadir juga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Bali Wayan Koster dan jajaran Kabinet lainnya.

Presiden Jokowi diajak untuk berkeliling melihat proses pengerjaan kain endek dan hasil kreasi kain endek serta melihat produk yang dihasilkan UMKM. Presiden Jokowi bersama dengan Menteri PUPR dan jajaran lainnya membeli sepatu endek. Presiden Jokowi dikenal suka memakai sepatu sneakers, dan ini menjadi kebanggaan tersendiri bahwa sepatu endek khas Jembrana dibeli olehnya. Sebanyak 18 orang penenun juga menerima bantuan langsung tunai dari Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi sangat mengapresiasi antusias masyarakat kabupaten Jembrana dalam menyambut kedatangannya. Selain itu, Ia juga mendukung segala bentuk pelestarian terhadap kain tenun khas Bali pada umumnya dan tenun Jembrana pada khususnya.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas sambutan masyarakat dan juga bapak Bupati di kabupaten Jembrana yang memang baru hari ini saya kunjungi. Dan saya juga sangat menghargai apa yang telah dilakukan oleh pak Bupati dan didukung oleh pak Gubernur Bali dalam mengembangkan tenun songket untuk pengembangan industri industri kecil kain tenun dan songket yang ada,” ucap Jokowi.

Presiden asal kota Solo ini mengatakan dengan dukungan dari Pemerintah, akan memicu terciptanya ekonomi kreatif dengan mengangkat produk-produk khas daerah sebagai produk unggulan yang dapat memberikan dampak peningkatan ekonomi bagi masyarakat.

“Ini akan mendorong industri kreatif utamanya hand made bisa berkembang dengan kebijakan ada Pergub setiap Selasa pakai kain endek Bali dan setiap Kamis pakai busana adat. Ini akan mendorong industri kreatif yang berbasis budaya lokal. Ini sangat saya hargai,” jelas Jokowi.

Sementara itu, Bupati Tamba mengungkapkan kegembiraannya yang mana Presiden Jokowi dapat hadir ke Jembrana disambut sangat baik oleh masyarakat Jembrana.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Jembrana termasuk juga jajaran OPD Pemerintah Kabupaten Jembrana dan Forkopimda, tentu juga atas restu Tuhan Yang Maha Esa sehingga acara hari ini berjalan sangat baik, cuaca yang kondusif dan masyarakatnya sangat sopan dan santun,” ucapnya.

Sepanjang perjalanan dan sampai di Sentra Tenun Jembrana, Presiden Jokowi terus disambut dengan semangat alunan musik Jegog. Bupati Tamba mengatakan bahwa secara langsung Presiden Jokowi meminta agar Jegog dapat terus dilestarikan.

“Sepanjang perjalanan juga begitu turun di Sentra Tenun beliau kita ajak melihat Jegog, atraksi budaya kita yang ada di Jembrana dan satu-satunya di Bali, beliau juga sangat kagum dan mengucapkan “Sangat luar biasa pak bupati, tolong dilestarikan”,” tutur Bupati Tamba mengulang ucapan Presiden Jokowi.

Bupati Tamba mengungkapkan Presiden Jokowi sangat mengapresiasi proses pembuatan kain tenun yang dapat dikatakan cukup rumit.

“Begitu masuk ke Sentra Tenun langsung ke tempat penenunan, beliau juga sangat kagum dan mungkin dalam pikiran beliau kok masih ada yang mengerjakan begini, satu benang berjalan, itu sangat diapresiasi oleh beliau,” ungkap Bupati Tamba.

Dalam kesempatan itu juga Bupati Tamba menitipkan pesan khusus kepada Presiden Jokowi untuk dapat membantu kabupaten Jembrana yang memiliki PAD cukup kecil ini.

“Mudah-mudahan dari hasil kunjungan beliau ke Jembrana, Jembrana semakin dilihat, Jembrana semakin diperhatikan, saya juga menitipkan Jembrana kepada beliau,”ucapnya.

Pihaknya mengaku akan diundangan secara khusus oleh Presiden Jokowi. “Saya di undang bliau ke Jakarta, tapi belum tau waktunya kapan,” pungkasnya.

Penulis: AbhiEditor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *