Sosialisasi Revitalisasi Pasar Umum Negara, Bupati Tamba Siap Akomodir Aspirasi Pedagang Ke Pusat

Keterangan Foto : Sosialisasi Revitalisasi Pasar Umum Negara, Bupati Tamba Siap Akomodir Aspirasi Pedagang Ke Pusat
banner 120x600

Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyatakan kesiapannya mengakomodir aspirasi para pedagang terkait rencana revitalisasi pasar umum negara .

Sosialisasi dihadiri ratusan pedagang pasar umum negara tersebut juga menghadirkan Konsultan Amdal dan DED, serta turut dihadiri Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna dan forkopimda Jembrana , senin (5/6) di Gedung Kesenian Ir. Soekarno seiring telah rampungnya masterplan design pasar .

Dihadapan para pedagang , bupati mengatakan saat ini masih tahap sosialisasi belum finalisasi. Artinya, beberapa keinginan dan aspirasi pedagang akan diakomodir untuk disampaikan kepada pemerintah pusat selaku pemberi anggaran dalam rencana revitalisasi pasar terbesar di Kabupaten Jembrana itu .

Revitalisasi itu kata Bupati dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan baik kepada pedagang maupun pembeli serta mendongkrak kembali kunjungan kepasar mengingat saat ini ada penurunan jumlah pembeli

Sementara sosialisasi hari ini kata Bupati sifatnya untuk menyerap aspirasi dan belum final.

” Melalui sosialisasi ini kita mendengar menyerap aspirasi terkait apa yang menjadi koreksi maupun kekurangan didalam masterplan yang ditampilkan kepada pedagang pasar. Sehingga ini belum final, pemerintah akan mengadakan pertemuan lagi dengan masyarakat untuk mendiskusikan lebih lanjut. Hasil konsultasi selanjutnya akan disampaikan kepada pemerintah pusat ,” terangnya.

Bupati asal desa Kaliakah ini juga menyampaikan komitmennya untuk memperhatikan hasil diskusi tersebut . Serta berupaya mengimplementasikan hasil diskusi dan apa yang menjadi aspirasi disampaikan pedagang.

“Hari ini kita tampung dulu hasil diskusi ini, kita pahami kendalanya. Nanti kita akan diskusikan kembali ke pusat, mudah mudahan semua bisa terakomodir. Jadi mohon doa restu,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Perindagkop I Komang Agus Adinata menyampaikan revitalisasi pasar umum negara sangat penting dilakukan, mengingat kebutuhan dari perkembangan para konsumen yang melihat bahwa keadaan pasar umum negara saat ini tidak terstandar. Kondisi berbagai hal dari segi kesehatan dan keamanan maupun kenyamanan tidak terpenuhi.

“Menyikapi hal tersebut , ditambah dengan kondisi kunjungan konsumen ke pasar umum negara yang dari tahun ke tahun juga mengalami penurunan, inilah peluang terbaik guna merevitalisasi pasar umum negara menjadi pasar ikonik yang berstandar baik dari segi kenyamanan, kesehatan maupun keamanannya,”ucapnya.

Menurutnya, berbagai hal tentu sudah dipikirkan dan dijadikan acuan oleh konsultan untuk merencanakan sesuai dengan apa yang menjadi indikator yang terkait dengan pembangunan pasar. Baik itu aturan standar nasional tentang pasar, kesehatan, keamanan, kenyamanan maupun hal lainnya.

“Pasar umum negara nantinya akan dibangun dengan standarisasi nasional. Sesuai masterplan pasar dengan luas lahan mencapai 2 hektar tersebut akan memiliki 2 lantai dengan mementingkan aspek kenyamanan, keamanan dan kesehatan bagi pedagang maupun konsumen.
Juga dilengkapi fasilitas pendukung lainnya seperti ruang pemadam , ruang menyusui , toilet terpisah tiap lantai, rumah potong hewan , tera ulang , sarana parkir yang lebih luas serta mengakomodir luasan ruang terbuka hijau sebesar 30 persen , pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *