Unjuk Gigi Spektakuler: Puluhan Sekaa Baleganjur Remaja Memeriahkan HUT Kota Negara ke-128 dengan Lomba Tingkat Kabupaten

Cyber Media News

Unjuk Gigi Spektakuler: Puluhan Sekaa Baleganjur Remaja Memeriahkan HUT Kota Negara ke-128 dengan Lomba Tingkat Kabupaten
banner 120x600

Menyambut HUT Kota Negara ke-128 dan HUT Republik Indonesia ke-78 Pemerintah Kabupaten Jembrana kembali menggelar Lomba Baleganjur tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Jembrana pada Rabu (9/8/2023) di Panggung Terbuka Pura Jagatnatha.

Ajang yang disaksikan langsung Bupati Jembrana, I Nengah Tamba didampingi Sekda Kabupaten Jembrana I Made Budiasa
Ini salah satu upaya pelestarian seni budaya Bali.

Lomba tahun ini diikuti 23 sekaa (kelompok) baleganjur perwakilan dari sekolah se-Jembrana mengikuti lomba yang terdiri dari 18 kelompok perwakilan tingkat SMP Negeri dan 5 kelompok perwakilan di tingkat SD Negeri.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) kabupaten Jembrana Anak Agung Komang Sapta Negara menjelaskan
Lomba tingkat kabupaten ini tahapan lanjutan setelah sebelumnya sudah dilaksanakan lomba gong kebyar di masing-masing kecamatan.

“Untuk di tingkat SD kami ambil di masing-masing kecamatan satu SD, sedangkan untuk di tingkat SMP kita libatkan semua SMP di Jembrana,” terangnya.

Ia berharap melalui perlombaan ini mampu sebagai ajang pelestarian budaya dan menguatkan nilai budaya.” Bagaimana melestarikan seni budaya yang ada di masing-masing masyarakat, terutamanya baleganjur ini penggemar nya banyak sekali. Tingkat anak-anak ini mereka sudah punya keterampilan untuk seni baleganjur ini. Maka dari itu, kita mengambil dari tingkat SDnya,” terangnya.

Sapta juga berharap, kedepan regenerasi berikutnya bisa menghargai dan mempertahankan seni dan budaya yang sudah ada sejak dahulu.

“Kedepan tentunya bagaimana regenerasi dari sejak dini bagaimana pun mereka secara langsung menghargai seni budaya. Dengan mencantai seni budaya itu bisa dipertahankan untuk generasi berikutnya,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *