Rayakan Hari Raya Idul Adha 1444h, Rutan Negara Sembelih 6 Ekor Kambing

Keterangan Foto : Rayakan Hari Raya Idul Adha 1444h, Rutan Negara Sembelih 6 Ekor Kambing
banner 120x600

Bertepatan dengan perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah yang mana umat muslim diseluruh Indonesia merayakannya. Karena itu, pagi ini puluhan warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang beragama muslim di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Negara (Rutan Negara) berbondong-bondong menuju Ruang Aula Garuda Wisnu Kencana untuk melaksanakan Sholat Idul Adha dengan petugas yang beragama muslim lainnya. Usai pelaksanaan Sholat Idul Adha, Kepala Rutan Negara, Lilik Subagiyono menyampaikan bahwa pada dasarnya perayaan Idul Adha tidak jauh berbeda dengan yang ada diluar Rutan.

”Jika diluar sana perayaan Idul Adha dilaksanakan oleh masyarakat umum, maka di Rutan khusus untuk WBP Rutan Negara saja,” ujar Lilik .
Hari Raya Idul Adha ini merupakan sebagai wujud memperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan putranya Isma’il sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah, namun sebelum Ibrahim mengorbankan putranya, Allah menggantikan Ismail dengan domba. Ditanya lebih lanjut, Lilik mengatakan bahwa persiapan perayaan Idul Adha sudah dilaksanakan dari sepuluh hari sebelumnya.

“Dari sepuluh hari terakhir ini kami telah mempersiapkan apa-apa saja yang diperlukan seperti hewan qurban, area yang nanti akan digunakan sebagai tempat penyemblihan, hingga persiapan lainnya,” ujar Lilik.
Lilik juga melaporkan bahwa perayaan Idul Adha kali ini Rutan Negara akan melaksanakan pemotongan hewan qurban sebanayak 6 (Enam) ekor kambing yang berasal dari pihak luar Rutan seperti dari Wakil Bupati Jembrana dan masyarakat di sekitar Rutan.

“Syukur alhamdulillahnya kita pada tahun ini masih bisa melaksanakan pemotongan hewan qurban yaitu sebanayak tujuh ekor kambing. Yang mana saya sangat berterima kasih dengan berbagai pihak yang telah peduli dengan Rutan Negara. Insyallah nanti hasil dari pemotongan hewan qurban ini kita akan bagikan kepada seluruh warga binaan di Rutan Negara dalam bentuk makanan siap saji,” terang Lilik.

Dalam kegiatan pemotongan hewan kurban ini, petugas Rutan juga ikut terlibat dalam proses pemotongan hewan qurban. Daging kurban yang telah dipotong selanjutnya akan dibagikan kepada masyarakat disekitar Rutan serta diolah oleh petugas dan warga binaan perempuan untuk nantinya didistribusikan kepada seluruh WBP di Rutan Negara. Daging yang dibagikan kepada masyarakat sebanayak 30 (tiga puluh) bungkus yang mana tiap bungkus berisikan 1 kilogram daging qurban. Nyoman Widiastra (71) salah satu warga yang menerima daging qurban mengucapkan terima kasih kepada Rutan Negara atas perhatiannya memberikan kami daging qurban, mudah-mudahan kegiatan seperti ini dapat terus berjalan kedepannya.

Salah satu WBP Rutan Negara sangat bersyukur karena walaupun dari balik jeruji besi kami (WBP beragama islam) masih bisa merasakan perayaan hari raya Idul Adha. “Saya sangat senang dimana kegiatan sholat eid, penyemblihan hewan qurban hingga membagikan masakan olahan hewan kurban tersebut dapat saya dan WBP yang lainnya rasakan. Walaupun tidak semewah masakan diluar tetapi kami (WBP) tetap bisa merasakan Idul Adha,” ujar WBP inisial CC.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *