Press Release : Kapolres Jembrana Ungkap Kasus Percobaan Pembobolan ATM Di Banyu Biru

Keterangan Foto : Press Release : Kapolres Jembrana Ungkap Kasus Percobaan Pembobolan ATM Di Banyu Biru

Ditemani oleh Kasat Reskrim Polres Jembrana, AKP Androyuan Elim, S.I.K., M.H, Kasi Humas Polres Jembrana, AKP I Komang Muliyadi S.H., M.M., dan Kanit 1 Reskrim, IPDA Ekky Nurwenda Putra, S.TrK., Kapolres Jembrana memimpin konferensi pers mengenai kasus upaya pencurian dengan pemberatan, yaitu upaya pembobolan mesin ATM BCA yang terjadi di toko Indomart pada Minggu, 20 Agustus 2023, pukul 04.19 WITA, di desa Banyubiru, kecamatan Negara, kabupaten Jembrana.

Tim Kurawa Satreskrim Polres Jembrana berhasil menggagalkan usaha pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA di sebuah toko di desa Banyubiru, kecamatan Negara. Pelaku, Mohammad Andri Rahman (38 tahun), seorang residivis asal Gresik, Jawa Timur, berhasil ditangkap di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur pada tanggal 3 September 2023.

Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K., pada Senin (4/9), mengkonfirmasi penangkapan ini. Pelaku mengaku memiliki sejumlah barang bukti yang berhasil diamankan oleh polisi.

Percobaan pembobolan ATM terjadi ketika pelaku hendak pulang kampung ke Gresik, Jawa Timur, menggunakan sepeda motor. Dia memanfaatkan kesempatan saat beristirahat di sebuah toko yang sepi pada saat itu untuk mencoba merampok ATM.

Namun, setelah masuk ke dalam toko, pelaku panik dan melarikan diri karena ada yang mengetuk pintu rolling door. Setelah kabur, pelaku melanjutkan perjalanan dengan menumpang mobil ke arah timur, menuju Tabanan, tempat tinggalnya, sebelum akhirnya pulang ke Gresik.

Kapolres menjelaskan bahwa pelaku nekat mencoba merampok ATM karena terjerat masalah hutang. Akibat tindakannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP bersama Pasal 53 KUHP tentang tindak pidana percobaan pencurian dengan pemberatan, yang bisa menghadapi hukuman penjara selama 7 tahun.

Sebelumnya, pada tahun 2014, pelaku, yang merupakan seorang tukang las, pernah dipenjara selama 1 tahun 3 bulan karena mencoba merampok sebuah toko modern yang juga gagal dilakukan di wilayah Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *