Menumbuhkan Rasa Patroitisme Serta Cinta Tanah Air Kepada Satlinmas, Babinsa Memberikan Latihan PBB Dan Wasbang

Keterangan Foto: Menumbuhkan Rasa Patroitisme Serta Cinta Tanah Air Kepada Satlinmas, Babinsa Memberikan Latihan PBB Dan Wasbang
banner 120x600

Dukung program Pemerintahan Desa Landih yang menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas Satlinmas, Hal tersebut ditegaskan oleh Babinsa Desa Landih Koramil 01/Bangli Kodim 1626/Bangli Pelda I Wayan Sujana bersama Bhabinkamtibmas Desa Landih dengan memberikan Latihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) dan Wawasan Kebangsaan kepada Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Desa Landih dan kegiatan dilaksanakan di Lapangan Voly Desa Landih, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Rabu (28/6/23).

Satlinmas juga merupakan mitra Babinsa dan Babinkamtibmas dalam menjaga keamanan, ketertiban di desa binaan untuk itu perlunya adanya kedisiplinan, loyalitas dalam mengabdikan diri di masyarakat serta menumbuhkan Jiwa Patriotisme serta Cinta Tanah Air, hal ini sebagai modal pokok dalam keberhasilan melaksanakan tugas ataupun kegiatan, baik itu kegiatan pribadi maupun kegiatan dalam pekerjaan, tanpa kedisiplinan pekerjaan yang dilakukan hasilnya tidak akan bisa maksimal, ” ucap Pelda Sujana.

Pelda Sujana juga menambahkan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan Pembinaan Perlawanan Wilayah (Binwanwil) dimana Babinsa memiliki tugas menjalin kemitraan dengan para anggota Satlinmas sebagai mata dan telinga terhadap segala perkembangan situasi yang terjadi di wilayah binaannya. Dan juga dapat memupuk rasa kebersamaan, persaudaraan terutama dalam menjaga keamanan desa.

“Dalam berinteraksi akan semakin terpeliharanya hubungan sinergitas antara Babinsa dan anggota Satlinmas di wilayah binaan dalam menjaga kondusifitas di wilayah binaan,” tutupnya.

Pada Kesempatan tersebut Babinsa dan Bhabinkamtibmas mengajarkan metode praktek langsung berupa gerakan ditempat yang diikuti oleh 31 orang anggota Satlinmas Desa Landih yang sudah terpilih. Gerakan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang dilatihkan terdiri dari Sikap sempurna, hadap kanan/kiri, balik kanan, penghormatan, sikap istirahat, periksa kerapian dan Bubar jalan, untuk materi berjalan langkah biasa dan langkah tegap.

Secara terpisah Komandan Kodim 1626/Bangli Letkol Arh Sutrisno S.Sos mengatakan bahwa peran Babinsa di lapangan memiliki tugas untuk menginflementasikan kegiatan Pembinaan Perlawanan Wilayah (Binwanwil) kepada Satlinmas di Desa guna menumbuhkan Jiwa Patriotisme serta Cinta Tanah Air yang dapat meningkatkan kedisiplinan dan loyalitas Linmas dalam mengabdikan diri di masyarakat.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa tugas Satlinmas disamping melaksanakan perlindungan masyarakat juga mempunyai peran penting dalam rangka penanggulangan dan penanganan bencana alam seperti kebakaran, banjir, maupun membantu permasalahan warga, sehingga dapat membantu aparat pemerintah di Desanya.

“Tentunya tugas pokoknya adalah menjaga dan memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat yang ada di Desa” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *