Kembali Beradu di Langit: Lomba Burung Merpati Terbang Tinggi Bupati Cup 2023 Memukau dengan Tradisi Asli Jembrana

Lomba Burung Merpati Terbang Tinggi 'Bupati Cup 2023' Diadakan dengan Nuansa Tradisional

Keterangan Foto: Kembali Beradu di Langit, Lomba Burung Merpati Terbang Tinggi Bupati Cup 2023 Memukau dengan Tradisi Asli Jembrana
banner 120x600

Lomba Burung Merpati Terbang Tinggi Bupati Cup Tahun 2023 kembali digelar di Lapangan Umum Dauhwaru. Lomba dibuka langsung Wakil Bupati Jembrana IGN Patriana Krisna, Sabtu (26/8) ditandai dengan pelepasan Burung Merpati keudara.

Sebanyak 200 pasang Burung Merpati terbaik terlihat beradu tinggi dalam lomba tersebut. Adapun kriteria perlombaan dibagi menjadi 2 kategori yakni kelas bulu polos (hitam) dan kelas bulu mores (bercorak putih).

Uniknya, jalannya perlombaan panitia secara konsisten dari tahun ke tahun menggunakan alat-alat tradisional yang merupakan warisan leluhur asli Jembrana. Seperti penggunaan stop wacth menggunakan kau (tempurung kelapa) diisi air, alat penilai menggunakan acal-acal dan kulkul (kentongan) dan lainnya.

Ketua Panitia I Ketut Wiarta menyebut kegiatan Lomba Burung Merpati Terbang Tinggi Bupati Cup merupakan kegiatan tahunan dalam rangka memeriahkan HUT ke-128 Kota Negara. “Terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Jembrana yang telah mensupport acara ini. Kami selaku komunitas pecinta Burung Merpati terbang tinggi, selanjutnya bisa terus melaksanakan acara ini untuk mempertahankan warisan budaya asli Jembrana ini,” ucapnya.

Sementara Wakil Bupati IGN Patriana Krisna menyampaikan pelaksanaan Lomba Burung Merpati Terbang Tinggi sebagai salah satu wahana pelestarian tradisi dan juga sekaligus pelestarian alam khususnya satwa Burung Merpati. “Ini penting untuk dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan, mengingat Lomba Burung Merpati Terbang Tinggi ini adalah warisan budaya yang hanya ada di Jembrana,” ujarnya.

Pihaknya juga menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya lomba ini, dengan harapan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan dikembangkan sebagai sebuah event yang mampu menarik minat kunjungan wisatawan dengan tetap mengedepankan aspek kearifan lokal, pelestarian alam dan pemberdayaan masyarakat. “Pemerintah Daerah tentu akan berupaya untuk memberikan dukungan seoptimal mungkin demi terselenggaranya kegiatan ini secara berkesinambungan dan terwujudnya pembangunan pariwisata Jembrana, menuju Jembrana Emas 2026,” pungkasnya.

Dengan semangat pelestarian budaya dan alam yang dihayati oleh masyarakat Jembrana, Lomba Burung Merpati Terbang Tinggi Bupati Cup tahun 2023 sukses mengukuhkan warisan tradisional yang tak ternilai harganya. Kita berharap bahwa acara ini terus berlanjut sebagai daya tarik pariwisata yang mendukung menuju Jembrana Emas 2026, dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai lokal dan pelestarian alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *