Kabupaten Jembrana: Pelopor Kejuaraan Tarkam 2023 untuk Memunculkan Bibit Atlet Muda Berbakat

Kabupaten Jembrana Menyemarakkan Kejuaraan Tarkam 2023: Mencari Bibit Atlet Berbakat dan Memajukan Olahraga di Kampung-kampung

Keterangan Foto: Kabupaten Jembrana, Pelopor Kejuaraan Tarkam 2023 untuk Memunculkan Bibit Atlet Muda Berbakat
banner 120x600

Sebanyak 32 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia terpilih menjadi lokasi Kejuaraan Antar Kampung yang diinisiasi Kementrian Pemuda dan Olahraga Indonesi, Kabupaten Jembrana menjadi salah satu Kabupaten yang terpilih dalam penyelenggaraan tersebut, dipusatkan di Lapangan Bola Voli Peh, Kejuaraan Tarkam Kemenpora Tahun 2023 dibuka langsung oleh Staf Ahli Kemenpora Bagian Hukum Dr. Drs Samsudin, Sabtu (26/8).

Pembukaan Kejuaraan Tarkam Kemenpora Tahun 2023 ini diikuti peserta dari seluruh Kecamatan diwilayah Kabupaten Jembrana.

Dalam sambutannya Staf Ahli Kemenpora Bagian Hukum Dr. Drs Samsudin mengatakan kegiatan antar kampung atau kejuaraan tarkam ini diawali dari permintaan bapak Presiden Jokowi. “Pesan dari bapak Jokowi agar dihidupkan kembali pertandingan keolahragaan di kampung-kampung, maka dimulai dari tahun 2023 inilah kegiatan tarkam dimulai.
Dan tentunya Kabupaten Jembrana menjadi salah satu kabupaten pionir/pelopor dalam kegiatan ini,” ungkapnya.

Pihaknya menambahkan melalui kejuaraan antar kampung yang dilaksanakan ditiap daerah-daerah di Indonesia nantinya diharapkan bisa menjaring atlit-atlit berbakat disetiap daerah untuk berkompetisi ditingkat yang kebih tinggi. “Pada hakekatnya kejuaraan antar kampung ini untuk memperdayakan masyarakat didaerah itu selain mencari bibit-bibit atlit di daerah,” ucapnya.

Atas terselenggaranya kegiatan tersebut, Samsudin mengapresiasi kepada setiap daerah, khususnya di Kabupaten Jembrana yang telah mendukung penuh kegiatan sehingga dapat berjalan lancar dan sukses. “Mari kita hidupkan tarkam disini dan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Jembrana, terima kasih kepada Koni, tokoh-tokoh olahraga dan tokoh tokoh masyarakat sudah mendukung kegiatan tarkam ini,” imbuhnya.

Dilain sisi, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh pemerintah pusat dengan penyelenggaraan lomba tarkam antar kampung ini. Ia berharap dengan kegiatan ini kabupaten Jembrana pada khususnya dapat melahirkan bibit atlet muda berbakat. “Dengan adanya tarkam ini diharapkan menjadi ajang pencarian bakat potensi atlet, silaturahmi warga sekaligus menggerakkan roda perekonomian masyatakat Kabupaten Jembrana,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Jembrana IGN Patriana Krisna yang sekaligus menjadi Ketua Umum Koni Jembrana menjelaskan Jembrana dipilih dari 32 Kabupaten/ Kota seluruh Indonesia penyelenggara kejuaraan Tarkam 2023 Kemenpora, Adapun Cabang Olahraga yang dipertandingkan ada 3 yaitu Bola Volly, Bulutangkis, dan Atletik Lari.

“Cabang olahraga ini berlangsung dari hari Jumat, jadi untuk Bola Volly ada di dua tempat yaitu pagi sampai sore bertempat di GOR Mendoyo Dangin Tukadaya, malamnya di Lapangan Peh. Untuk Bulungtangkis diadakan di Gedung PBSI, dan Untuk Atletik Lari diadakan di Stadion Pecangakan,” paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa lomba tarkam antar kampung ini terselenggara berkat program dari pemerintah pusat. “Kegiatan ini digelar selama tiga hari mulai dari tanggal 25 Agustus hingga besok 27 Agustus dan untuk anggaran kegiatan ini semua dari Kementrian Pemuda dan Olahraga,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *