Jatim Miliki Andil Terbesar dalam Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga Berdasarkan BPS Jatim

Keterangan Foto : Jatim Miliki Andil Terbesar dalam Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga Berdasarkan BPS Jatim

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim) melaporkan bahwa pada tahun 2022, sebanyak 36 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur memiliki andil terbesar dalam Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga (PKRT). Ini mengindikasikan bahwa sebagian besar dari nilai tambah yang dihasilkan oleh berbagai sektor ekonomi di wilayah-wilayah tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi rumah tangga.

Berdasarkan informasi yang diambil dari situs resmi BPS Jatim pada Rabu (30/8/2023), Kota Kediri dan Kabupaten Bojonegoro adalah dua daerah di Jawa Timur yang memiliki peringkat pertama dalam komponen bukan PKRT, tetapi dalam komponen net ekspor. Bagian ini mengambil porsi sebesar 42,62 persen dan 64,24 persen masing-masing. Artinya, nilai tambah yang dihasilkan oleh sektor ekonomi di Kota Kediri dan Kabupaten Bojonegoro utamanya digunakan untuk kegiatan ekspor antar wilayah.

Persentase positif dalam porsi net ekspor menunjukkan bahwa Kota Kediri dan Kabupaten Bojonegoro lebih banyak melakukan ekspor daripada impor dalam wilayah-wilayah tersebut. Ini terkait dengan peran PT Gudang Garam Tbk., perusahaan rokok terbesar di Indonesia yang berpusat di Kota Kediri. Perusahaan ini sukses menguasai pasar Domestik maupun Internasional dengan ekspor ke berbagai wilayah di dalam negeri dan luar negeri.

Kabupaten Bojonegoro, yang berbatasan dengan Kabupaten Blora di Jawa Tengah, yang memiliki Blok Cepu sebagai sumber minyak bumi utama di Indonesia, menempatkan komponen net ekspor pada peringkat pertama dengan porsi 42,00 persen. Sementara itu, komponen PKRT menduduki peringkat kedua dengan porsi 36,67 persen. Sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro merupakan bagian dari Blok Cepu, menjadikan sektor Pertambangan dan Penggalian sebagai kekuatan utama dalam ekspor baik di pasar Domestik maupun Internasional.

Namun, peringkat kedua pada daftar ini didominasi oleh komponen Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) di sebagian besar kabupaten/kota di Jawa Timur. Hanya dua kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Bojonegoro dan Kota Kediri, yang peringkat kedua mereka diisi oleh komponen PKRT. Pada tahun 2022, porsi komponen PKRT di Kota Kediri sebesar 17,18 persen, menduduki peringkat kedua setelah net ekspor. Namun, jika net ekspor diabaikan, komponen PKRT di Kota Kediri menjadi yang terbesar. Hal ini menandakan bahwa hampir di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur, komponen pengeluaran konsumsi rumah tangga tetap menjadi yang memiliki porsi terbesar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *