Danramil 03/Tembuku Dampingi Kunjungan Dirjen Kesmas Kemenkes RI di Pos UKK Desa Jehem

Cyber Media News

Keterangan Foto: Danramil 03/Tembuku Dampingi Kunjungan Dirjen Kesmas Kemenkes RI di Pos UKK Desa Jehem
banner 120x600

Danramil 03/Tembuku Kodim 1626/Bangli Kapten Inf Ketut Suparwan beserta Babinsa Desa Jehem melaksanakan pendampingan kegiatan kunjungan ke Pos UKK (Usaha Kesehatan Kerja) oleh Dirjen Kesmas Kemenkes RI di Pos UKK Usaha Dupa Dubali Banjar Jehem kelod, Desa Jehem, kecamatan tembuku, Kabupaten Bangli pada Rabu sore (23/08/2023).

Kegiatan tersebut di hadiri oleh;
Dirjen Kesmas ketua tim kerja (Ibu Nurpata Yani), Kulsutan Kesmas (Ibu Naintina) beserta 5 orang, Jabfung pembimbing kerja muda (Made Partiana SKMM.IS), Camat Tembuku di wakili Kasi kersos (I Putu Yoga), Danramil 1626-03/Tembuku (Kapan Inf I Ketut Suparwan), Kapolsek Tembuku (AKP I Putu Oka Yasa, S.H.,M.H.), Perbekel Desa Jehem (Drs. I Nengah Tesan Darmayasa, M.), Babinsa Desa Jehem (Serda Sang Komang Teg Redana), Bhabinkamtibmas Desa Jehem (Aipda I Nyoman Subagia), Kepala Dusun Jahem Kaja (I Wayan Budiadnyana), Kepala Dusun Jahem Kelod (I Wayan Wardana), Kepala Pustus Jehem 1 (Drg. Ida Bagus Made candra, M.M.) beserta staf 2 orang.

Pos Usaha Kesehatan Kerja (UKK) merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat di kelompok pekerja informal utamanya didalam upaya promotif, preventif untuk melindungi pekerja, agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan, serta pengaruh pengaruh buruk yang diakibatkan oleh pekerjaan.
Prinsip Pos UKK adalah dari, oleh, dan untuk kelompok pekerja mandiri, kecil dan mikro di masyarakat.

Tujuannya adalah untuk mengupgrade pengetahuan pekerja atau masyarakat tentang kesehatan kerja dan kemampuan pekerja dalam menolong diri sendiri, pelayanan kesehatan kerja oleh kader, pekerja dan tenaga kesehatan serta pengetahuan tentang munculnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan pekerja terhadap risiko dan bahaya akibat pekerjaannya.

Manfaat Pos UKK bagi pekerja adalah dapat mendeteksi secara dini permasalahan kesehatan kerja dan memperoleh pelayanan kesehatan kerja yang terjangkau. Bagi kader kesehatan, Pos UKK memiliki manfaat mendapatkan informasi lebih awal tentang kesehatan.

Dengan adanya Pos UKK ini para pekerja mendapatkan pengetahuan sehingga dapat menolong diri sendiri serta teman disekitarnya dan untuk menggalakkan promosi kesehatan di tempat kerja untuk mengetahui faktor risiko kecelakaan akibat kerja yang terdapat di tempat kerja, serta para pekerja bisa bekerja lebih produktif jika mereka dalam keadaan sehat.

Sementara itu di tempat yang berbeda Komandan kodim 1626/Bangli Letkol Kav I Ketut Artha Negara, S.H.,M.I.P., mengatakan peran aktif anggotanya dalam pelaksanaan kegiatan di wilayah merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat, kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan sehingga memudahkan masyarakat atau para pekerja untuk memperoleh pelayanan kesehatan secara cepat, tegas Dandim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *