Bentuk Sikap dan Disiplin, Babinsa Beri Pelatihan Dasar PBB Kepada Siswa/Siswi SMK N 4 Bangli

banner 120x600

Bangli – Bali, Koramil 01/Bangli Kodim 1626/Bangli mempunyai tanggung jawab di wilayah binaannya, salah satunya para pelajar SMK N 4 Bangli yaitu membentuk sikap, kedisiplinan, loyalitas, kepedulian, dan rasa tanggung jawab sejak dini, Untuk itu Babinsa Koramil 01/Bangli memberikan pelatihan dasar Peraturan Baris Berbaris pada sekolah tersebut di Lapangan SMK N 4 Bangli. Kamis (20/7/2022).

Serma I Wayan Sujana sebagai Babinsa sekaligus pembina latihan tersebut menyampaikan, bahwa pelatihan PBB kepada siswa siswi ini sebagai wujud latihan fisik guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya sikap dan perilaku seseorang agar memiliki disiplin yang tinggi.
“Di sinilah langkah awal bagi anak-anak sekolah untuk mengenalkan kedisplinan dan suatu latihan awal untuk ikut membela Negara”, tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, maksud diberikannya materi Peraturan Baris Berbaris pada siswa siswi adalah memberikan suatu latihan awal dalam membela negara, menanamkan rasa disiplin pada siswa, menumbuhkan rasa kebersamaan di antara teman.
“Saya berikan pelajaran disiplin dalam bentuk teori serta diberikan pemantapan wawasan kebangsaan sebelum masuk ke materi praktek, agar mereka bisa mengambil banyak hal positif dari pembelajaran PBB ini, “pungkasnya.

Ditempat terpisah Komandan Kodim 1626/Bangli Letkol Arh Sutrisno S,Sos menyampaikan bahwa Latihan PBB ini dalam rangka menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas, rasa disiplin dan rasa tanggung guna memantapkan karakter bangsa dan pendidikan pendahuluan bela negara, agar para siswa mengerti tujuan latihan ini untuk menanamkan rasa tanggungjawab, cinta tanah air, pengamalan Pancasila dan UUD 45.
“Dengan cara ini diharapkan mereka akan makin mampu meningkatkan rasa nasionalisme, serta memiliki jiwa korsa, persatuan dan kesatuan dalam menumbuhkan rasa kebersamaan di antara teman.” Ujarnya.

Kepala Sekolah SMKN 4 Bangli, pada kesempatan tersebut merasa bangga karena sudah dilatihkannya PBB yang diharapkan siswa siswi bisa menjadi disiplin, rajin dan ahli dalam hal baris-berbaris, kami juga berharap semoga apa yang dilatihkan oleh Bapak TNI AD khususnya Babinsa Koramil 01/Bangli dalam pelatihan baris berbaris dapat membentuk siswa yang berprestasi dan diharapkan dapat membanggakan orang tua, masyarakat, Nusa dan Bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *