Bangkai Hiu Paus Kembali Terdampar di Pantai Jembrana

Pers Nasional

Keterangan Foto : Bangkai Hiu Paus Kembali Terdampar di Pantai Jembrana

Bangkai hiu paus kembali terdampar di Pantai Yeh Kuning, Desa Pekutatan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali. Ini merupakan kali ketiga dalam dua bulan terakhir hiu paus terdampar di lokasi yang sama.

Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali Resort Jembrana, Ahmad Januar, mengatakan bahwa bangkai hiu paus tersebut memiliki panjang sekitar 5,1 meter dan lebar sekitar 1,5 meter.

“Memang tidak ada luka yang terlihat pada tubuh hiu paus tersebut. Sehingga, kemungkinan hiu paus ini mati karena sakit,” kata Januar.

Untuk mengetahui penyebab pasti kematian hiu paus tersebut, BKSDA Bali akan melakukan nekropsi. Nekropsi akan dilakukan oleh tim dari Jaringan Satwa Indonesia (JSI).

“Nekropsi akan dilakukan untuk mengetahui penyebab kematian hiu paus tersebut,” kata Januar.

Januar menambahkan bahwa bangkai hiu paus tersebut akan dikuburkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jembrana menggunakan alat berat.

“Proses penguburan akan dilakukan setelah nekropsi selesai,” kata Januar.

Hiu paus merupakan hewan yang dilindungi oleh undang-undang. Oleh karena itu, penanganan terhadap bangkai hiu paus tersebut harus dilakukan secara hati-hati dan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *